Wednesday, August 15, 2018

#IdeSaran and #SamoraI3 : SISTEM INTEGRASI DATA NASIONAL - Samuel Liputra

Perkembangan data  dan dunia teknologi begitu cepat, sehingga banyak perubahan yang terjadi dalam penggunaan dan pemanfaatan data dan keamanan data. Hal ini dibuktikan dengan ada beberapa teknologi yang telah memiliki dan  menyimpan data konsumen untuk tujuan tertentu, sehingga data konsumen yang menggunakan teknologi tersebut dapat diperoleh secara akurat dan cepat.

Dalam bentuknya data menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya data yang sangat akurat dan cepat dapat membantu manusia atau pihak pihak yang memiliki kepentingan untuk dapat mengolah, mendapatkan data dan mengambil keputusan serta bergerak secara cepat. Di sisi lain, dengan data yang akurat sangat rentan memiliki risiko yang cukup besar yaitu penyalah gunaan data yang besar. Hal ini  dibuktikan dengan kasus salah satu media sosial yaitu Facebook. Hal dibuktikan dengan beberapa informasi yang telah diungkap oleh salah bos / CEO Facebook dalam berita di laman Detik.com.

Hal ini menjadi sebuah kebingungan yang cukup pelik bagi pemberi data maupun pihak yang berkepentingan. Ditambah lagi dengan beberapa pihak yang menggunakan data palsu untuk memberikan data atau berita  yang tidak benar. Sehingga keadaan menjadi tidak terkendali dengan baik bahkan bisa menjadi sebuah bom waktu yang sangat besar dan sangat berbahaya.


Untuk hal itu, diperlukan rancangan sistem integrasi data nasional yang merekam dan melindungi data penduduk khususnya dari kebocoran data dan penggunaan data palsu untuk menyebarkan berita/ data yang tidak benar. Dalam kapasitas pemerintah hal ini dapat dilakukan dan dibuat  bahkan diwujudkan dengan baik, jika semua perangkat pemerintah dan vendor, maupun mitra pemerintah dapat bekerja dengan baik. Data dari masyarakat dapat tersimpan dengan baik, dapat di pantau, bahkan di menjadi pembuktian akan hal hal yang perlu dibuktikan.

Dengan sistem integrasi ini, semakin di mungkinkan untuk menemukan orang orang yang memiliki potensial lebih bahkan orang orang yang kurang beruntung. Sehingga  yang memiliki potensial lebih dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pemerintah sedangkan orang yang kurang beruntung dapat dibantu oleh pemerintah dengan tepat sasaran .


Tetapi dalam pengolahan data ini masih  memiliki banyak sistem belum disebutkan secara
mendalam dan terperinci. Sehingga memerlukan pengembangan yang berkala dan orang orang
yang dapat mengerti dan memiliki visi yang sama dengan sistem pengembangan integrasi ini.  

Mari baca lebih lanjut saran dan ulasannya disini :






Samora Shopping Paradice

No comments: